(pcs)

Pengertian Hijab Dalam Islam Serta Hukumnya

Friday, September 21st 2018.

Indonesia termasuk negara dengan penduduk islam terbanyak. Hal ini membuat sebagai besar wanita di indonesia berhijab. Sebenarnya apa itu hijab? Apakah hanya untuk menutupi kepala? Apakah sebuah simbol atau sebuah ketentuan dalam islam. Banyak orang yang memakai hijab tetapi tidak tahu hakikat islam sebenarnya. Oleh karena itu, kita akan membahas pengertian hijab dalam islam serta hukumnya.

Pengertian Hijab Menurut islam

Dalam islam, hijab berarti tata cara berpakaian yang sesuai dengan ketentuan agama. Tetapi hijab juga memiliki arti penutup. Masih banyak orang yang bingung membedakan hijab, jilbab dan khimar. Padahal ketiganya memiliki arti yang berbeda. Berikut ini perbedaan hijab, jilbab dan khimar menurut islam.

1. Pengertian Hijab
Menurut bahasa, hijab artinya penutup. Dalam al munawi, pengertian hijab juga dijelaskan dengan gamblang yaitu

“ Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu menghalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga diartikan al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah identitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain” ( At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arig 1/136)

Hijab memiliki arti yang sangat luas. Bagi muslimah, hijab menjadi hal yang menutupi dirinya yang tidak boleh terlihat (aurat). Sehingga hijab bukan hanya benda yang menutupi kepala. Tetapi juga baju yang menutupi seluruh badan, dari atas sampai bawah (seluruh aurat wanita).

2. Pengertian Jilbab
Setelah memahami pengertian hijab dalam islam, lalu apa arti jilbab dalam islam. Dalam QS Al Ahzat 59 dijelaskan :

“ Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri -istri orang mukmin agar hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka,,”
Menurut bahasa, jilbab berasal dari kata al jalb yang artinya menjulurkan atau memaparkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lainnya. Arti lebih spesifik :
“jilbab adalah gamis. Dan jilbab adalah pakaian yang lebih lebar daripada khimaar, yang selain rida.

Digunakan wanita untuk menutupi dada dan kepalanya.
Banyak tafsir tentang arti jilbab di QS al ahzat 29, dari berbagai sumber bisa disimpulkan arti jilbab menurut para ulama adalah :

  • Jilbab adalah kain yang sangat lebar (Milhafah)
  • Jilbab adalah al qina atau khimar (kerudung yang menutupi kepala sampai dada)
  • Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh wanita
  • Jilbab adalah penutup kepala dan wajah wanita kecuali matanya
  • Jilbab adalah penutup wajah dan kepala kecuali matang hingga dadanya
  • Jilbab adalah selendang yang digunakan menutupi bagian atas (rida’)

3. Pengertian Khimar
Selanjutnya kita akan membahas pengertian khimar. Pasti anda sudah sering mendengar istilah ini, sering diucapkan untuk menyebut jilbab yang berukuran besar. Lalu apa sebenarnya khimar itu. Dalam QS An Nuur :31 dijelaskan:

“ katakanlah kepada wanita yang beriman: hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasananya, kecuali yang biasa nampak darinya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar kedadanya…”

Menurut bahasa, khimar berarti menutupi. Arti lebih spesifik, khimar memiliki arti kerudung atau hal yang menutupi kepala wanita. Hal ini diambil dari tafsir QS nuur. Kata “dan hendaklah mereka menjulurkan khimar ke dadanya” berarti suatu hal yang menutupi kepala sampai ke bagian leher dan menutupi dadanya. Bisa diartikan suatu kerundung.

Dari penjelasan diatas, anda jadi tahu apa perbedaan hijab, jilbab dan khimar menurut islam. Ketiganya tidak ada yang salah. Anda bisa menyebut kerundung yang anda pakai,, dengan sebutan jilbab, hijab atau khimar.

Perintah Menggunakan Hijab Bagi Wanita Muslimah

Bagi wanita muslimah, memakai hijab hukumnya wajib. Karena hal ini di tulis dengan jelas di Al Quran. Ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang perintah menggunakan hijab, antara lain :

• QS Al Ahzab 59
Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri -istri orang mukmin agar hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka..”
Dari ayat diatas sudah jelas, bahwa kita diwajibkan untuk memakai jilbab. Terutama untuk istri, anak perempuan dan wanita muslimah lainnya.

• Qs An Nur :31
“katakanlah kepada wanita yang beriman: hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasananya, kecuali yang biasa nampak darinya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar kedadanya…”

Dari kata awal saja, sudah dijelaskan dengan baik “ katakanlah kepada wanita yang beriman untuk menjulurkan khimar ke dadanya”. Wanita beriman diwajibkan untuk menutupi seluruh auratnya. Dari atas kepala sampai kaki, kecuali telapak tangan dan wajah.
Dari penjelasan diatas, semoga bisa memberikan pemahaman tentang pengertian hijab menurut islam. Semoga bermanfaat,

Rp 195.000
Rp 195.000
Rp 225.000
Rp 220.000
Rp 195.000
Rp 225.000