(pcs)

Pahami Dalil Tentang Perintah Berhijab Bagi Wanita Muslimah

Tuesday, September 18th 2018.

Hijab bukanlah sebuah pilihan tetapi suatu kewajiban. Wajib berarti harus dilakukan. Tetapi banyak orang yang berpendapat beda, bahwa hijab suatu pilihan. Boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Padahal perintah berhijab tertera di dalam al quran. Kita memang tidak bisa memaksakan seseorang untuk menggunakan hijab. Tetapi kita harus mulai dari diri sendiri dan mencontohkan orang lain. Karena hukumnya wajib, muslimah yang tidak mengenakan hijab akan berdosa, namun tidak kafir.

Dalil Mengenai Perintah Berhijab

Ada beberapa dalil yang menjelaskan tentang kewajiban berhijab bagi wanita muslimah. Dijelaskan dalam al quran dan hadist Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

•Qs Al Ahzab: 59
Allah Ta’ala berfirman “ Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang”

Dari ayat diatas, dijelaskan dengan rinci bahwa wanita harus mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Berarti semua wanita muslimah wajib untuk memakai hijab. Tidak ada tapi atau pengecualian sama sekali.
Karena hijab sebagai identitas dan pelindung bagi wanita.

•Qs An Nur:30-31
“ Katakanlah kepada laki-laki yang beriman:” hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katankanlah kepada wanita yang beriman:” hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka atau, putera -putera suami mereka atau saudara laki-laki mereka, atau putera saudara lelaki mereka, atau putera saudara perempuan mereka atau wanita islam, atau budak yang mereka miliki, atau pelayan laki-laki yang tidak memiliki keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan, Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”

Dari penjelasan diatas, juga dijelaskan dengan jelas kewajiban untuk berhijab. Wanita harus menutup dadanya dengan kain dan tidak menampakan perhiasannya (auratnya). Jelas ini wajib untuk dilakukan.

•Hadist HR Bukhari no 351 dan Muslim no 890
Selain di al quran, perintah berhijab juga dijelaskan dalam hadist. Yaitu hadist Hr bukhari dan muslim.
“ Dari Ummu ‘Athiyyah, ia berkata, “ pada dua hari raya, kami diperintahkan untuk mengeluarkan wanita-wanita haid dan gadis-gadis pingitan untuk menghadiri jamaah kaum muslimin dan doa mereka. Tetapi wanita-wanita haid harus menjauhi tempat shalat mereka. Seorang wanita bertanya: “ Wahai Rasulullah, seorang wanita di antara kami tidak memiliki jilbab (bolehkan dia keluar)?” beliau menjawab, “ hendaklah kawannya meminjamkan jilbabnya untuk dipakai wanita tersebut.”

Memakai Hijab Wajib Hukumnya
Dari semua penjelasan diatas, kita tahu bahwa berhijab wajib hukumnya. Para ulamanya pun sepakat bahwa berhijab wajib hukumnya. Yang sering menjadi pertentangan adalah, apakah wajah dan telapak tangan harus ditutupi. Banyak pro kontra yang terjadi di masyarakat tentang hijab. Mereka berpikir bahwa jilbab tidak menjadi patokan ketakwaan seseorang. Wanita yang memakai jilbab belum tentu shalehan begitu pula sebaliknya.

Memang kita tidak bisa mengukur keshalehan seseorang. Karena dia dan allah swt saja yang tahu. Tetapi bila kita bertakwa kepada allah swt, kita akan selalu mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya. Padahal sudah jelas, wanita muslimah di wajibkan untuk berhijab.wanita yang tidak berhijab akan berdosa, tetapi tidak menjadikan dirinya mutrad atau kafir.

Jilbab bukan hanya sebuah pilihan tetapi kewajiban. Ayat yang menerangkan tentang perintah berjilbab sudah jelas. Hadist dan pendapat para ulama menguatkan pernyataan tersebut. Jilbab harus menutup seluruh tubuh wanita, kecuali wajah dan telapak tangan. Masalah wajah dan telapak tangan ini pun masih menjadi perdebatan, termasuk aurat yang harus ditutupi atau tidak.

Saat ini banyak wanita yang berhijab, tetapi masih menampakan lekuk tubuh. Berhijab tetapi seperti tak berhijab. Inilah pandangan yang salah, menutup aurat bukan hanya memakai pakaian panjang dan kerudung. Tetapi tak menampakan lekuk tubuhnya. Pakailah pakaian yang benar, yang menutup semua aurat wanita dan sesuai dengan syariatnya. Sehingga kita mampu meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepadanya.
Ajaklah orang lain untuk berhijab secara baik-baik, dengan kata yang baik. sehingga mampu memahami sama lain. Mampu mengingatkan satu sama lain dalam kebaikan. Bukan menebarkan kebencian dan menjudge orang lain salah, lalu kitalah yang paling benar. Sekian artikel tentang dalil perintah berhijab. Semoga bermanfaat.

Penelusuran baru-baru ini :

Tuliskan dengan benar dalil yang memerintahkan bagi wanita harus berjilbab dan tuliskan artinya!
Rp 220.000
Rp 195.000
Rp 225.000
Rp 195.000
Rp 195.000
Rp 225.000