(pcs)

Kenapa Wanita Harus Berhijab?

Friday, September 14th 2018.

Banyak orang yang bertanya “Kenapa wanita harus berhijab?”. Pertanyaan singkat ini membutuhkan jawaban yang sangat panjang. Apalagi di zaman modern seperti saat ini, ketika perintah agamanya pun banyak yang dihiraukan. Masalah berhijab atau tidak selalu menjadi perdebatan di masyarakat. Ada yang berkata, hijab adalah sebuah pilihan bagi wanita. Yang penting ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena tidak bisa menilai ketakwaan dari memakai hijab atau tidak. Lalu apakah pertanyaan itu benar?

Berhijab merupakan kewajiban bagi wanita muslimah. Tidak hanya wanita di indonesia tetapi seluruh wanita di dunia, yang memeluk agama islam. Karena hal ini sebuah keharusan yang tertulis jelas di dalam al quran. Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, kita akan membahas tentang alasan wanita harus memakai hijab.

Berhijab Bentuk Ketaatan Kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasul-Nya

Berhijab menjadi tanda ketaatan kita terhadap allah swt dan rasulnya. Kita memang tidak bisa mengukur ketakwaan seseorang, tetapi dengan mematuhi perintahnya sudah menunjukan bahwa kita taat padaNya. Bila kita taat kepadanya, akan selalu mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya. Ketaatan menjadi sumber kebahagiaan di dunia dan akherat. Seperti yang dijelaskan di Qs al ahzab: 71

“Dan Barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” (Al Ahzab : 71)

Dengan berhijab kita mematuhi perintahnya, menunjukan ketaatan padanya. Takut dengan dosa-dosa yang dilakukan karena tidak mematuhi perintahnya, yang sudah tertulis jelas di Al quran.

Memperlihatkan Aurat Termasuk Bentuk Maksiat
Aurat wanita adalah seluruh tubuh, wanita muslimah dilarang untuk memperlihatkan aurat ke yang bukan muhrim. Bila memperlihatkan aurat termasuk bentuk maksiat dan bisa mendatangkan murka allah swt. Wanita yang tidak berhijab, secara terang-terangan menunjukan kemaksiatan. Untuk menghindari dosa besar, wanita muslimah diwajibkan untuk berhijab dan menutup seluruh tubuhnya dengan benar.

Hijab Untuk Terhindar Fitnah
Saat ini sangat mudah melontarkan fitnah ke orang lain. Itulah alasan kenapa wanita harus berhijab, supaya terhindar dari berbagai fitnah yang berbahaya. Bila semua wanita muslim memakai hijab dengan benar dan menutup auratnya, akan membuat lingkungan lebih tentram dan selamat dari fitnah. Lingkungan yang berisi wanita yang gemar berdandan seronok, memamerkan aurat, lebih rentan terkena pelecehan seksual dan ancaman fitnah.

Dengan memakai hijab, akan melindungi kita dari berbagai fitnah yang mengancam,. Tentunya dibarengi dengan pakaian yang benar. Karena saat ini banyak wanita berhijab tetapi masih memperlihatkan lekuk tubuhnya. Gunakan pakaian yang baik dan benar, yang menutup dada dan keseluruhan aurat. Sehingga wanita benar-benar terlindung dari berbagai fitnah yang mengganggu.

Hijab Untuk Memuliakan Wanita
Wanita yang menggunakan hijab akan terjaga kehormatannya, dibandingkan wanita yang tidak menggunakan hijab. Kecantikan tubuh bukanlah hal yang harus dipertontonkan. Karena mungkin bisa menjadi perbincangan orang lain dan dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Dengan menutupi aurat, akan lebih terjaga kehormatannya. Lawan jenis bisa lebih menghargai wanita seutuhnya dan takut untuk menyentuhnya, bila bukan muhrimnya.

Hijab Untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Hijab tidak hanya untuk menjaga kehormatan wanita, tetapi juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga kulit lebih sehat dan lembab. Anda akan terhindar dari kulit yang kering dan bahaya sinar ultra violet. Karena seluruh tubuh terlindungi dengan baik.

Syarat Berhijab Yang Benar

Saat ini sudah banyak wanita yang berhijab, tetapi masih belum paham syarat berhijab yang benar. Ada batasan yang jelas untuk aturan berhijab sesuai syariat yang berlaku. Anda harus merujuk pada al quran dan sunah nabi, berikut ini beberapa syarat berhijab yang benar:

  • Harus menutup seluruh tubuh dan tidak memperlihatkan anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan
  • Berhijab jangan untuk menarik perhatian laki-laki bukan muhrim. Hijab harus terbuat dari bahan yang tebal dan warnanya tidak sesuai warna kulit. Memakai pakaian yang longgar dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Selain itu jangan gunakan perhiasan berlebihan. Selain itu hijab bukanlah suatu kesombongan atau kebanggaan.
  • Berhijab tidak menggunakan wewangian yang terlalu menyengat, karena bisa digolongkan sebagai wanita pezina
  • Berhijab tidak menyerupai pakaian laki-laki atau pakaian wanita kafir

Dengan memahami syarat berhijab yang benar, kita jadi bisa memperbaiki diri sendiri terus menerus. Dalam hidup ini, kita akan terus belajar untuk memperbaiki diri. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bagi wanita yang sudah berhijab, diharapkan bisa memakai hijab dengan lebih baik lagi. Bagi wanita yang belum berhijab, bisa memantapkan diri untuk menutup aurat dan menjadi pribadi yang baik.

Semoga kita selalu didekatkan dengan hal-hal yang baik, mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan menjadi hamba yang taat pada-Nya. Itulah sedikit penjelasan tentang alasan kenapa wanita harus berhijab. Semoga bermanfaat.

Rp 195.000
Rp 220.000
Rp 225.000
Rp 195.000
Rp 220.000
Rp 195.000